Biaya Pengurusan HAKI Kerapkali Diragukan Oleh Pemakai Jasa

HAKI tergolong ke dalam jenis hak amanat aturan. Maksudnya, HAKI jadi satu hak yang diberikan pada perorangan ataupun perusahaan yang diatur oleh masyarakat sendiri ataupun perundangan. Dalam hal ini, Hak Atas Kekayaan Intelektual tadi membuat masyarakat untuk menjadi penentu seberapa besar hak diberi pada individu ataupun kelomok perusahaan yang lainnya. Pastinya, hak tersebut tidak lepas dari undang-undang yang mengaturnya. Untuk dapat memperoleh wewenang ataupun kuasa dari kekayaan intelektual itu, lebih dulu pemilik hak musti mendaftarkan kekayaan intelektualnya kepada dirjen hki.

Hak Kekayaan Intelektual

Kekayaan intelektual ini dapat berupa merk dagang ataupun jasa, logo, serta lain sebagainya. Dirjen HKI pendaftaran merk mempermudah Kamu, khususnya pebisnis pemula. Aktivitas bisnis sekarang, entah itu online ataupun offline menimbulkan persaingan yang lumayan tinggi. Maka dari itu, pendaftaran merk dagang ini dirasa harus dilakukan. Untuk pendaftarannya itupun diperlukan beberapa langkah, dari mulai memeriksa nama brand yang sebelum-sebelumnya telah terdaftar, memeriksa nama merk yang bakal didaftarkan untuk terhindar dari persamaan dengan merk yang lainnya, mengajukan permohonan ajuan merk, mendaftarkan ke Dirjen HKI, sampai menunggu hasil dari HKI. Dalam prosesnya, detil-detil pendaftaran merk tergolong ke dalam biaya pengurusan HAKI.

Karena, pendaftaran merk dagang ataupun jasa juga jadi salah satu prosedur yang terdapat di pengurusan HKI. Malah, didalam proses pendaftaran merk sendiri tidak cuma mencakup nama merk yang dipakai. Logo, simbol, sampai pelafalan nama merk telah termasuk didalamnya. Walau prosedur pendaftaran HKI logo perusahaan mempunyai secuil perbedaan dengan pendaftaran merk, tapi pada dasarnya proses secara umumnya selalu sama. Yang membedakannya ialah logo yang berbentuk gambar tergolong ke dalam sebuah karya cipta yang diciptakan individu ataupun kelompok.

Hak Paten

Hak adat karya cipta ini diatur didalam Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 seputar Hak Cipta. Sementara merek sendiri adalah sebuah tanda yang bisa terlihat, entah itu berbentuk simbol, nama, kata, huruf, angka, atau malah logo yang dapat menjadi pembeda produk barang ataupun jasa yang dipakai untuk aktivitas perdagangan antara produk orang ataupun bahan hukum. Dari pemaparan diatas, bisa disimpulkan jika untuk mendaftar logo perusahaan di Dirjen HKI, dapat melewati proses pendaftaran merk dagang ataupun jasa lebih dulu. Mengingat, di prosedur pendaftaran merk juga didalamnya telah meliputi ke dalam gambar, logo, simbol itu sendiri.

Pendaftaran hak paten pada umumnya tidak jauh beda dari pendaftaran hak merk ataupun hak cipta. Tiga-tiganya sama-sama berhubungan didalam hal hak kekayaan intelektual.

Mengingat ketiganya saling berkaitan dengan industri kreatif, entah itu dagang ataupun jasa. Yang harus diperhatikan didalam pendaftaran paten itu sendiri ialah produk apa yang bakal dipatenkan, kapan saat yang pas untuk mematenkan produk temuan, mekanisme pendaftaran paten yang dilaksanakan, dan detil-detil biaya yang dibutuhkan untuk mengurus hak kekayaan intelektual itu. Produk yang dipatenkan sendiri musti memenuhi syarat serta ketentuan. Sebab, tidak setiap produk baru dapat dipatenkan. Untuk hal waktu, proses pendaftaran paten ini sungguh tidak dapat diremehkan.

Sebab dibutuhkan waktu yang lumayan panjang didalam proses pendaftarannya. Tahap-tahap pendaftarannya itupun, diperlukan sejumlah tahapan, semisal melengkao formulir permohonan paten, kelengkapan syarat pendaftaran, menyelesaikan pembiayaan pendaftaran, sampai tahap-tahap pemeriksaan substantif yang membutuhkan waktu s.d Dua tahun lamanya. Yang juga terpenting untuk diketahui untuk semua pemohon, hak paten ini mempunyai masa berlaku. Masa berlaku bagi 1 hak paten wilayah 20 tahun. Sehabis 20 tahun, hak paten itu tidak berlaku lagi serta temuan yang dihakpatenkan boleh dipakai secara leluasa tanpa izin. Lihat situs referensi satu dan situs referensi dua ini untuk informasi pendaftaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.