Kapan Diperlukan Operasi Amandel Didalam Anak?

Radang amandel didalam bahasa medis disebut menggunakan tonsilitis. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit ke tenggorokan. Tidak semua nyeri tenggorokan berujung pada prosedur amandel, termasuk pada bayi. Operasi amandel harus menyesaki kriteria tertentu sebelum ada. Operasi amandel maupun tonsilektomi adalah tindakan bedah utk mengambil massa yang berada di jaringan tonsil yang terletak didalam mulut sebelah bawah. Pada anak-anak, biasanya perlakuan tersebut dilaksanakan untuk mengobati penyakit ISPA yang sering kambuhan. Saran dari kebanyakan dokter sebelum melakukan tindakan bedah, orangtua seharusnya menanyakan kemungkinan operasi pengobatan lainnya, tanpa musti melakukan operasi amandel tersebut. Apabila rumah sakit memberi rekomendasi operasi tonsil pada anak, jangan ragu meminta keterangan lengkap tentang risiko efek dan bisa jadi manfaat yang didapatkan.

Pertimbangan yang Harus Dipenuhi

Dr. Eko Priatno SpB KBD yang juga kebetulan seorang ahli bedah digestif di Indonesia mengatakan bahwa Sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan hingga melaksanakan operasi amandel didalam anak:

  1. Infeksi tenggorokan berbentuk radang amandel atau infeksi tenggorokan oleh streptokokus, terlaksana setidaknya tujuh kali didalam satu tahun atau
  2. Terjadi 5 x infeksi tenggorokan untuk 2 tahun berturut-turut ataupun,
  3. Terjadi 3 x infeksi tenggorokan selama 3 tahun berturut-turut.
  4. Infeksi tenggorokan ini menyebabkan demam.
  5. Saluran pernapasan mengalami hambatan.
  6. Gangguan pernafasan saat tidur seperti mengorok yang parah dan sudah terbangun.
    Kesulitan menelan.
  7. Tersedianya tumor ganas pada tonsil.
  8. Kriteria ini penting dilihat, sehingga hanya anak-anak nan benar-benar membutuhkan perlu masuk ruang operasi amandel.

Mempertimbangkan Risiko

Harus diketahui bahwa tidak ada perlakuan operasi yang bebas resiko. Prosedur operasi amandel dapat menyebabkan komplikasi serius walaupun jarang terjadi, antara lain, pendarahan parah saat operasi atau pemulihan, infeksi, berubahnya debur, dan beberapa risiko tak terduga lainnya. Selain itu, orangtua juga sebaiknya memperhitungkan sejumlah hal lain sebelum prosedur amandel pada anak, semacam risiko anastesi, bekas luka, rawat inap, hingga tarif yang perlu dikeluarkan. Pikir sakit pada masa recovery, kemungkinan dapat terjadi s.d dua minggu pasca-operasi tonsil. Untuk mengatasinya, perlu konsumsi banyak cairan dan obat-obatan pereda nyeri secara stabil.

Manfaat yang Dapat Didapatkan

Beberapa manfaat yang bisa jadi diperoleh anak setelah masuk ruang operasi amandel, yaitu:

  1. Mengurangi frekuensi sakit tenggorokan.
  2. Membantu mengatasi gangguan tidur.
  3. Menanggulangi perkembangan yang lambat.
  4. Mengurangi tabiat hiperaktif.
  5. Memperbaiki prestasi kampus yang rendah.
  6. Mengurangi penggunaan antibiotik dan kunjungan ke rumah sakit.
  7. Meningkatkan kualitas hidup bayi dan keluarga secara keseluruhan.
  8. Berharga bagi orangtua untuk menimbang faktor risiko dan fungsi yang didapatkan
  9. sebelum memberikan persetujuan operasi amandel terhadap bayi. Pastikan anak Anda memenuhi selera pertimbangan yang disyaratkan. Ambil rekomendasi dan penjelasan daripada dokter dengan lengkap.

Baca juga tulisan-tulisan tentang kesehatan disini atau baca ini buat anda yang ingin tahu lebih dalam tentang Bedah Laparoskopi

Leave a Reply

Your email address will not be published.