Pulau Bidadari di Kepulauan Seribu

Lokasi : Pulau Bidadari merupakan sebuah pulau yang mantab di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Pulau menarik ini dahulu diberi nama Pulau Sakit dan Pulau Pumered. Lokasinya tergolong yang dekat dari Jakarta sekitar 15 kilometer atau 20 menit waktu tempuh dengan speedboat.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari terletak di antara perairan Pulau Onrust, Pulau Khayangan, Pulau Kelor, dan Pulau Ayer. Secara Kabupaten pulau ini termasuk Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. Pulau Bidadari makin dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu lantaran keindahan alam sekalian bersejarah. Bersejarah karena abad ke-17, Pemerintahan Hindia Belanda mendirikan rumah sakit lepra dan kusta di tempat ini. Selain itu, pada tahun 1786 didirikan pula sebuah benteng perlindungan untuk memprotek Kota Jakarta dari serbuan musuh.

Pulau Bidadari mempunyai pantai berpasir putih dengan air laut yang bening. Di sini tumbuh hutan bakau dan tumbuhan langka yang dipelihara dengan baik misalnya pohon perdamaian (Baringtonia exelsa), pohon kepuh, pohon sentigi (Pempis acidula), pohon kayu hitam (Diospyros maritama), pohon glodokan, dan banyak sekali tanaman buah. Sekira 60% tumbuhan di pulau ini masih jenis langka yang dipelihara.
Pulau Bidadari Resort Jelang tahun 1970, pulau ini tak pernah dikunjungi wisatawan. Barulah setelah tahun 1970-an, PT Seabreez mengoperasikannya untuk difungsikan sebagai resor wisata sambil mempopularkan julukannya menjadi Pulau Bidadari. Berdasarkan penuturan warga, dijuluki Pulau Bidadari karena dahulu Pengeran Jayakarta dan keluarga kerajaan membuatnya sebagai tempat rekreasi dan cuma keluarga kerajaan saja yang dapat berekreasi di pulau ini hingga dijuluki Pulau Bidadari.

Fasilitas Pulau Bidadari

Di Pulau Bidadari ada 49 resort yang terapung dan juga yang ada di darat. Resort terapung tersebut berbentuk rumah panggung di atas air dan berada di antara pohon-pohonan yang mengarah ke laut seperti perkampungan nelayan. Tempat ini sangat ideal untuk Anda yang mencari lokasi bulan madu lantaran nuansa di sini jelas meninggikan aura romantis. Di daratnya disediakan juga rumah adat Minahasa yang difasilitasi AC,water heater, dan televisi. Disediakan juga tempat karaoke, games,meeting room, restaurant, souvenir shop, bar, volley beach, dan tenis meja. Resort ini juga difasilitasi tempat menyewa alat-alat olah raga air, misalnya jetski, banana boat,canoe, dan alat pancing. Tak semua pulau di Taman Nasional Pantai Kepulauan Seribu mempunyai fasilitas listrik 24 jam. Pulau Bidadari merupakan salah satu yang memberikan listrik 24 jam. Terdapat juga air bersih yang baik untuk digunakan.

Transportasi Pulau Bidadari

Pulau Bidadari bisa dituju sekitar 30-45 menit dari Pelabuhan 17 Marina Jaya Ancol dengan KM Kerapu. Biaya tiketnya Rp32.000 (belum berikut tiket masuk ke Ancol) dengan tempo tempuhnya sekitar 20-30. Jadwal jadwal berangkat dari Marina Ancol pukul 08.00 atau pukul 09.00 dan kembali pukul 13.30 atau pukul 14.00 WIB.

Sea Leader Marine Luxury Yacht memberikan penyewaan carter pilihan Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, PulauKotok, Pulau Putri, Pulau Sepa, dan Pulau Pantara, serta pulau lainnya relevant tujuan di daerah Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu.

Berkeliling Pulau Bidadari

Cara yang paling baik berkeliling Pulau Bidadari yaitu dengan jalan kaki serta berbekal kamera. Pulau ini dapat dijelajahi dengan jalan kaki sekira 1-2 jam.

Kuliner Pulau Bidadari

Pulau Bidadari menyajikan restoran yang siap membuat lidah Anda dengan menu utama berbentuk makanan masakan laut yang didapatkan langsung dari penangkap ikan. Jajal menu favorit misalnya sup kepala ikan, sup rajungan, kerang hijau, baby stingray, dan yang lainnya. Apabila Anda menentukan makanan selain seafood maka coba nasi gorengnya sebesar Rp20.000 per porsi, mie kuah Rp20.000 per porsi, atau ikan baronang bakar Rp55.000 per porsinya. Di tempat ini kadang ada barbeque party saat gelap nanti.

Pelestarian lumba-lumba Pulau Bidadari

Pulau Bidadari juga jadi tempat pembiakan ikan lumba-lumba. Ada beberapa ekor lumba-lumba di tempat ini. Anda ataupun anak-anak dapat bermain bersama lumba-lumba di sini. Disediakan juga sarana terapi autis untuk anak dengan berkomunikasi bersama lumba-lumba. Harga terapi ini yaitu Rp150.000 per setengah jam. Dua ekor lumba-lumba yaitu Yossy dan Nia bakal mengajak anak Anda renang bersama dengan aman.

Di Pulau indah ini pun bisa Anda temui warisan bersejarah berupa benteng serta meriamnya. Bentuk konstruksi benteng menara penjaga tersebut di Eropa lebih terkenal dengan julukan Menara Martello. Manfaat bangunan ini menjadi menara pengawas dan benteng dengan bentuknya lingkaran bergaris tengah 23 meter dan Besar dinding 2,50 meter. Di bagian tengah ada sebuah dinding bundar yang berguna sebagai tempat penampungan air bersih untuk kebutuhan minum dan memasak tentara pengawas saat itu. Menurut penelitian dan eksploitasi dari Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta, konstruksi menara ini asalnya bertingkat 2 karena terdapatnya lubang-lubang penopang balok lantai. Ruang di lantai 2 ada tujuh dan berguna sebagai ruang tidur sekaligus lokasi pengintaian. Salah satu berperan sebagai tempat menyimpan amunisi.

Pulau Bidadari mempunyai beberapa spot untuk Anda menikmati Matahari terbenam. Anda bisa sepuasnya mengabadikan Matahari di Pulau ini dengan kamera kesayangan dan pamerkan menjadi oleh-oleh atau muatlah di microbloger. Matahari terbenam di Pulau Bidadari telah banyak dimanfaatkan untuk tempat photo prewedding.

Tips

Jika hari liburan tiba, umumnya homestay penuh, jadi sebaiknya Anda membooking beberapa hari sebelum pemberangkatan. Musim kedatangan terbaik yakni bulan Maret hingga Mei tiap tahunnya. Pada bulan November sampai Februari sering berlangsung ombak yang besar jadi dianjurkan menghindarinya. Cuaca kurang mensupport juga terjadi pada bulan Mei sampai Agustus. Kepulauan Seribu mencakup ratusan pulau yang sama-sama berdekatan hingga ombak laut akan terpecah di pulau-pulau itu dan mengurangi Deburan ombak yang lebih bahaya. Apabila cuaca kurang memungkinkan maka biasannya trip akan ditunda hingga cuaca mendukung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.